Belajar Internet Marketing

Ukur Waktu Tepat Ibu Hamil Istirahat

DEMI menjaga kesehatan, ibu hamil dituntut pandai mengatur waktu istirahat. Waktu optimal istirahat yang diperlukan berbeda-beda dari satu ibu dengan ibu yang lainnya. Semua bergantung pada berapa bulan usia kandungannya, gaya hidup,dan hal-hal lainnya.

Buatlah catatan tentang berapa banyak poin pada aspek yang berbeda-beda kemudian buat perhitungan yang paling cocok untuk kesehatan kehamilan Anda. Ini harus menjadi sistem yang komprehensif untuk menentukan jam istirahat terutama selama masa mengandung.

Berikut beberapa poin yang berguna untuk membantu Anda memutuskan berapa banyak Anda perlu istirahat selama kehamilan, sebagaimana dilansir Boldsky

Tahap kehamilan

Jika berada dalam tahap awal kehamilan, Anda perlu berhati-hati atas apa yang dimakan dan bagaimana melakukan sebuah perjalanan dengan aman. Pada tahap selanjutnya, Anda harus lebih peduli tentang berapa banyak waktu istirahat yang didapatkan. Ketika tubuh menjadi lebih berat, Anda akan merasa lelah dan kaki akan mulai bengkak. Jadi, jumlah jam istirahat akan meningkat pada trimester terakhir.

Perbanyak waktu bersantai

Ketika Anda telah beristirahat selama berjam-jam tetapi ketika bangun masih merasa lelah, hal tersebut menandakan sesungguhnya tubuh Anda tidak santai. Hanya berbaring di tempat tidur tidak akan membantu Anda bersantai. Anda perlu bersantai melakukan hal-hal yang disukai, mendengar musik yang tenang, dan menonton film lucu. Selain itu, perbanyaklah tenangkan diri dengan lebih banyak berdoa.

Gaya hidup Anda

Jika Anda memiliki gaya hidup tidak sehat, maka tidak ada jumlah istirahat selama kehamilan yang akan memberikan dampak perbaikan energi. Jika waktu pekerjaan membuat sulit bagi Anda untuk beristirahat (karyawan call center atau dokter), maka akan memengaruhi bayi dan Anda. Anda harus menemukan cara lain mendapatkan waktu istirahat. Anda bisa tidur di mobil, misalnya.

Berapa banyak waktu Anda di jalan

Jika pekerjaan Anda melibatkan banyak perjalanan, maka Anda harus lebih banyak istirahat. Bahkan, perjalanan jalur udara juga dapat memicu stres, apalagi jika ke luar negeri.

Jangan sampai faktor-faktor lain seperti jet lag dan perubahan iklim membuat Anda kehilangan waktu istirahat dan bersantai sesuai yang Anda butuh. Jika Anda bepergian bertemu keluarga untuk perayaan hari besar misalnya, lakukanlah dengan saran dokter.

Kondisi khusus

Kondisi kesehatan selama kehamilan  secara keseluruhan adalah suatu hal yang sangat penting untuk menentukan seberapa banyak istirahat akan cukup. Jika Anda memiliki kondisi khusus seperti tekanan darah tinggi atau darah rendah, maka Anda disarankan istirahat lebih banyak.

Jangan menjadi malas

Kendati ibu hamil perlu waktu beristirahat dan bersantai lebih banyak, bukan berarti lantas ibu hamil menjadi pemalas. Jika Anda tidak memiliki kondisi kesehatan khusus, maka tidak ada alasan tidak berjalan-jalan atau melakukan pekerjaan rumah tangga sehari-hari yang tidak melibatkan pekerjaan berat. Banyak gerak akan meningkatkan kesempatan Anda melahirkan normal.
Previous
Next Post »